Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Suriah Berunjuk Rasa di Kairo

Kompas.com - 04/02/2012, 20:19 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Sekitar 100 orang warga Suriah berunjuk rasa di depan Kedutaan Besar (Kedubes) Suriah di Kairo. Menurut warta MENA pada Sabtu (4/2/2012), para pengunjuk rasa sempat membuat salah satu kantor kedubes itu terbakar.

Adalah tayangan Al Jazeera pada Jumat kemarin. Di dalam warta televisi asal Qatar tersebut ada informasi aksi kekerasan oleh pihak tentara Suriah di Homs. Tentara membunuh 220 warga dan melukai 500 lainnya. Tayangan itulah yang melandasi unjuk rasa.

Namun demikian, pihak aparat Kairo bertindak tegas. Kebakaran tak meluas lantaran kesigapan tim pemadam kebakaran. Sementara, polisi menangkap 13 pengunjuk rasa.

Sebelumnya, Liga Arab pada Sabtu (28/1/2012), menunda pengiriman pengamat ke Suriah. Kebijakan ini untuk melindungi aksi kekerasan berlanjut terhadap para pengamat itu sendiri.

Sampai kini, pemerintah Suriah mengatakan kalau kelompok teroris dan geng bersenjata sudah membuat keadaan negara kacau balau. Rezim Presiden Bashar al-Assad mengirimkan tentara untuk membasmi gerakan tersebut.

Alhasil, baku tempur dan baku bunuh itu sudah menewaskan sekitar 5.000 orang. Dari jumlah itu, 2.000 tentara tewas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com