Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Berjatuhan lantaran Banjir di Brasil

Kompas.com - 10/01/2012, 12:25 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Sampai kini, banjir di kawasan Rio de Janeiro, Brasil, sudah menewaskan enam orang. Sementara itu, dalam warta Xinhua pada Selasa (10/1/2012), sembilan rumah di daerah permukiman kota kecil Sapucaia dilaporkan roboh dan sedikitnya lima warga tewas karena badai yang menyapu daerah itu selama beberapa hari terakhir.

Departemen Pertahanan Sipil setempat memperkirakan sebanyak 20 orang hilang di lokasi terjadinya badai. Di daerah sekitar Sapucaia, satu rumah dilaporkan roboh hingga menewaskan satu warga. Menurut pejabat pemerintah setempat, regu penyelamat kesulitan menjangkau daerah itu karena terhalang tanah longsor.
   
Sementara itu, di Cardoso Moreira, salah satu kota di negara bagian Rio de Janeiro, satu bendungan hancur pada MInggu (8/1/2012) hingga mengakibatkan banjir ringan. Bendungan tersebut adalah bendungan kedua yang airnya meluap sejak awal 2012. Pekan lalu, satu bendungan juga rusak hingga menyebabkan banjir di kawasan perumahan di Campos. Akibatnya, 1.000 keluarga terpaksa mengungsi dari rumah mereka.
   
Jumlah korban tewas akibat badai musim panas di negara bagian Rio de Janeiro mencapai delapan orang dan 10.700 warga dilaporkan mengungsi.
   
Situasi yang lebih buruk juga dilaporkan terjadi di negara bagian Minas Gerais, tempat 15 orang dinyatakan tewas akibat terjangan badai. Sebanyak 104 kota menyatakan peristiwa itu sebagai bencana nasional dan 53 lagi melaporkan kerusakan yang diakibatkan oleh hujan. Sebanyak 12.900 warga dilaporkan telah mengungsi dari rumah mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com