Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel-Palestina Gelar Pertemuan di Jordania

Kompas.com - 03/01/2012, 10:56 WIB

AMMAN, KOMPAS.com — Perunding Israel dan Palestina bertemu di ibu kota Jordania, Amman, Selasa (3/1/2012), untuk pertemuan langsung pertama mereka dalam 16 bulan terakhir. NAmun, kedua pihak berkeras pembicaraan belum berkembang sepenuhnya.

Menteri Luar Negeri Jordania Nasser Judeh, yang menjadi tuan rumah pertemuan antara ketua perunding Israel Yitzhak Molcho dan rekannya dari Palestina Saeb Erakat, mengatakan, pertemuan itu merupakan penawaran ”serius” untuk membantu melangsungkan kembali pembicaraan perdamaian. Utusan kuartet, Tony Blair, juga menghadiri pertemuan tersebut bersama dengan para pejabat lain dari kelompok itu yang terdiri atas Uni Eropa, Rusia, PBB dan Amerika Serikat.

”Ini merupakan usaha serius untuk menemukan kesepakatan antara kedua pihak dan membantu memulai kembali pembicaraan perdamaian tanpa perantara,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Jordania, Mohammad Kayed, yang negaranya menandatangani perjanjian perdamaian dengan Israel tahun 1994. ”Semua pihak harus berinvestasi pada kesempatan ini dan membantu menciptakan kondisi yang tepat demi kesuksesan usaha ini dengan cara menahan diri dari tindakan sepihak dan provokatif.”

Pejabat senior kabinet Israel, Dan Meridor, yang bertanggung jawab atas dokumen intelijen dan juga menjabat sebagai deputi perdana menteri, mengatakan dalam siaran di radio publik bahwa pertemuan tersebut merupakan ”perkembangan yang positif”. Ia menyatakan bahwa pertemuan itu tidak dengan sendirinya mengembalikan pembicaraan perdamaian, tetapi menyiratkan harapan akan menjadi batu loncatan yang ”membolehkan Palestina kembali ke perundingan”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com