Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korsel Umumkan Siaga Darurat

Kompas.com - 19/12/2011, 16:29 WIB

SEOUL, KOMPAS.com -  Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS), Senin (19/12/2011), menempatkan semua unit militer dalam kondisi siaga darurat menyusul berita kematian pemimpin Korea Utara Kim Jong-il.

JCS mengatakan, pihaknya mengadakan satu pertemuan darurat para pejabat yang menangani manajemen krisis dan operasi setelah tengah hari Senin, setelah media Korea Utara melaporkan kematian Kim. JCS mengatakan, pihaknya telah meningkatkan kegiatan pemantauan di sepanjang perbatasan bersama dengan Pasukan Komando Gabungan Korea Selatan-AS.

Tidak ada aktivitas yang tidak biasa telah diamati dari Utara, kata para pejabat. Para pejabat mengatakan mereka mungkin menaikkan "Defcon", tingkat lima tahap waspda tempur, dari tingkat saat ini empat menjadi tiga, dan juga dapat meningkatkan "Watchcon", peringatan pengawasan anti-Korea Utara, dari tiga menjadi dua. Watchcon dua menandakan keadaan darurat dengan indikasi ancaman penting dari Korea Utara.

Terakhir Korea Selatan menaikkan Watchcon pada peringat dua segera setelah Utara menyerbu Pulau Yeonpyeong, tepat di sebelah selatan perbatasan Laut Kuning pada 23 November tahun lalu yang menewaskan dua marinir dan dua warga sipil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com