Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulang Bekerja, Wirat Temui Ajal

Kompas.com - 14/12/2011, 15:09 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Wirat Bamrungwong baru saja pulang bersepeda motor dari tempatnya bekerja, di sebuah pabrik mesin bubut di Nong Chik, Pattani, Thailand. Sayang, ajal menjemputnya saat dua penyerang bersepeda motor menembak tepat di kepalanya.

Menurut warta OANA pada Rabu (14/12/2011), kasus itu ditangani oleh pihak kepolisian Nong Chik. "Usia korban 43 tahun," kata Kolonel Polisi Chonnawee Chamareuk, inspektur kepolisian.

Hasil penyelidikan ke??polisian menduga bahwa penembakan itu bertujuan melanjutkan suasana kekerasan setiap hari di provinsi ini. Kekerasan di tiga provinsi perbatasan selatan Pattani, Yala dan Narathiwat telah meningkat sejak tahun 2004 dengan pengeboman dan penembakan yang terjadi pada hampir setiap hari.  Sejauh ini, pemberontakan telah menewaskan sekitar 4.800 jiwa, termasuk warga dan pejabat pemerintah.
   
Provinsi-provinsi itu dulunya adalah wilayah kesultanan Melayu Muslim sampai dianeksasi oleh Thailand yang mayoritas memeluk Buddha pada sekitar seabad lalu. Sejak itu pemberontakan sering terjadi.
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com