Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diet Rendah Karbohidrat Sebabkan Krisis Mentega

Kompas.com - 10/12/2011, 12:03 WIB

OSLO, KOMPAS.com - Popularitas program diet rendah karbohidrat di Norwegia membuat stok mentega di negeri itu menipis dan menyebabkan krisis kuliner dua pekan menjelang Natal. Penduduk Norwegia menghabiskan mentega karena program diet rendah karbohidrat mensyaratkan penambahan konsumsi lemak di negara yang musim dinginnya bisa sangat dingin itu.

”Penjualan meningkat 20 persen bulan Oktober dan 30 persen pada November,” kata Lars Galtung, Kepala Komunikasi TINE, koperasi pertanian terbesar di negeri itu.

Sebelumnya, produksi mentega sudah terbatas karena produksi susu—bahan baku mentega—berkurang 25 juta liter, menyusul musim panas basah yang mengurangi kualitas pakan ternak. Krisis mentega ini memunculkan ide agar negara penghasil minyak nomor delapan di dunia itu menukar minyak dengan mentega.

Mentega kini menjadi barang paling dicari di situs lelang online, dengan harga mulai dari 13 dollar AS (sekitar Rp 120.000) per 250 gram, empat kali lipat dari harga normalnya. Denmark, salah satu penghasil produk susu papan atas, berada hanya di seberang Selat Skagerrak. Namun, Norwegia harus berpikir panjang untuk mengimpor karena, sebagai negara non-Uni Eropa, mereka harus membayar pajak impor yang tinggi.(Reuters/Was)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com