Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Presiden Pantai Gading Dikirim ke ICC

Kompas.com - 30/11/2011, 10:08 WIB

ABIDJAN, KOMPAS.com — Mantan Presiden Pantai Gading Laurent Gbagbo, Selasa  (29/11/2011) malam, bertolak menuju Mahkamah Kriminal Internasional (ICC) di Den Haag, Belanda, demikian konfirmasi beberapa sumber kehakiman di negara Afrika Barat tersebut.

Konfirmasi tersebut dikeluarkan beberapa jam setelah pengacara Gbagbo, Jean Gbougnon, mengatakan, mantan pemimpin Pantai Gading itu mungkin dipindahkan ke ICC paling lambat Rabu (30/11/2011).

Jaksa penuntut umum telah bertindak untuk mematuhi surat perintah penangkapan internasional atas Gbago, kata pengacara tersebut. Beberapa sumber kehakiman di Abidjan mengatakan, Gbago berangkat naik pesawat di bandar udara Korhogo di bagian utara negeri tersebut, tempat ia telah ditahan sejak ditangkap pada April.

Sedikitnya 80 rekan Gbagbo ditahan dengan tuntutan pembunuhan, kejahatan ekonomi, dan mengancam keamanan negara, demikian laporan Xinhua.

Gbagbo sendiri ditangkap bersama istrinya. Mereka berdua dikenai tahanan rumah pada 11 April, setelah perang berdarah selama dua pekan di ibu kota ekonomi Pantai Gading, Abidjan, pada akhir kebuntuan politik setelah pemilihan presiden pada November 2010.

ICC mendapat kewenangan untuk menyelidiki kasus kejahatan perang dan kejahatan terhadap umat manusia yang dilakukan selama bentrokan tersebut, yang menewaskan sedikitnya 3.000 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com