Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerbangan di Uruguay Terganggu Abu Vulkanik

Kompas.com - 24/11/2011, 10:44 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

MONTEVIDEO, KOMPAS.com — Penerbangan di Uruguay terganggu untuk dua hari berturut-turut hingga Rabu (23/11/2011) waktu setempat atau Kamis (24/11/2011) WIB akibat bahaya abu vulkanik yang ditimbulkan letusan Gunung Puyehue di Cile.

Pejabat Bandar Udara Internasional Carrasco di ibu kota Uruguay, Montevideo, mengatakan, beberapa pesawat mengalami penundaan bahkan pembatalan akibat abu vulkanik ini.

"Ada satu penerbangan (maskapai) TACA yang dibatalkan Rabu pagi. Kemudian pesawat American Airlines menunda penerbangannya dari Miami (AS) dan akhirnya membatalkannya. Satu lagi penerbangan dari Rosario (Argentina) dibatalkan, sementara penerbangan maskapai Iberia dari Madrid (Spanyol) tiba setelah tertunda tiga jam," tutur pejabat tersebut.

Gunung Puyehue meletus 4 Juni lalu dan hingga saat ini terus mengeluarkan abu vulkanik yang mengganggu penerbangan di belahan bumi selatan, mulai dari kawasan ujung Amerika Selatan hingga Australia.

Dinas Geologi dan Pertambangan Nasional Cile memperkirakan, abu vulkanik dari Puyehue akan terus mengganggu penerbangan hingga beberapa bulan ke depan. Abu vulkanik bisa merusak bagian dalam mesin jet pesawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com