Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

American Airlines Didenda 900.000 Dollar AS

Kompas.com - 15/11/2011, 14:45 WIB
Haryo Damardono

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Transportasi Amerika Serikat telah menjatuhkan denda sebesar 900.000 dollar Amerika atau setara Rp 8,1 miliar. Denda dijatuhkan oleh karena penundaan penerbangan yang dialami maskapai tersebut menyebabkan ratusan penumpang terperangkap di dalam pesawat di Chicago pada awal tahun ini.

Lebih dari 15 penerbangan American Eagles mengalami keterlambatan di Bandara O'Hare International Airport pada 29 Mei 2011. Sebanyak 608 penumpang terjebak di dalam pesawat lebih dari tiga jam. Dengan denda itu, Pemerintah Amerika menunjukkan tak ada toleransi terhadap keterlambatan pada liburan Natal mendatang.

Demikian dikutip dari kantor berita Associated Press, pada hari Selasa (15/11/2011). Kementerian Transportasi Amerika pun telah memutuskan denda sebesar 650.000 dollar AS harus dibayar dalam 30 hari. Sementara, denda senilai 250.000 dollar AS dapat dibayarkan dalam bentuk voucher atau frequent flyer mile kepada pelanggan.

Regulasi baru dari Kementerian Transportasi tentang tarmac delays atau delay di apron atau taxiway, mulai diberlakukan sejak April 2010. Batasannya adalah selama tiga jam. Setelah itu, pesawat harus kembali ke gerbang (gate), dan membolehkan penumpang turun dari pesawat untuk kemudian berganti moda transportasi.

Pelanggaran terhadap regulasi itu, dapat dikenakan denda sebesar 27.500 dollar AS per penumpang.

American Eagles justru menyalahkan otoritas bandara akibat lambannya gerak dari sistem cuaca sehingga memicu kepadatan di bandara. Maskapai itu juga menyatakan, telah meminta maaf ke pelanggan dan memberikan voucher atau frequent flyer program mileage credit .

Bagaimana di Indonesia?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com