Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suriah: Amnesti bagi yang Serahkan Senjata

Kompas.com - 05/11/2011, 10:20 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com — Kementerian Dalam Negeri Suriah mengumumkan amnesti, Jumat (4/11/2011), bagi warganya yang menyerahkan senjata pada 12 November sebagai kelonggaran untuk menandai perayaan Idul Adha. Demikian disampaikan stasiun televisi negara dalam siaran berita.

"Kementerian Dalam Negeri telah mengundang orang-orang yang membawa senjata, yang menjualnya, mendistribusikannya, membelinya, atau membiayai pembeliannya, dan yang tidak melakukan pembunuhan, untuk menyerahkan senjata mereka ke pos-pos polisi terdekat di distrik mereka ... mulai Sabtu, 5 November, hingga 12 November," kata laporan itu.

Orang-orang yang mengindahkan permintaan itu "akan berjalan bebas ... dan menerima amnesti," ia menambahkan.

Pemerintah Suriah telah menggunakan kekuatan untuk menghancurkan demonstrasi anti-rezim hampir tiap hari sejak pertengahan Maret lalu, dan menurut perkiraan PBB, lebih dari 3.000 orang telah tewas dalam kekerasan itu.

Para demonstran pro-demokrasi bersikeras bahwa demonstrasi mereka damai, sementara pemerintah mengatakan mereka telah memerangi "kelompok teroris bersenjata".

Pengumuman amnesti itu dibuat hanya beberapa hari setelah Suriah menyetujui cetak biru perdamaian Liga Arab untuk mengakhiri pertumpahan darah, berjanji untuk menarik tank-tank dari jalanan, membebaskan tawanan, dan mengadakan pembicaraan dengan para penentang rezim.

Presiden Bashar al-Assad telah dua kali menawarkan amnesti umum sejak konflik meletus, yang pertama kali pada 31 Mei, bagi semua tawanan politik, termasuk Ikhwanul Muslimin atau Persaudaraan Muslim, sebuah kelompok yang dilarang.

Pada Juni lalu, Bashar al-Assad mengeluarkan dekrit kedua yang "memberi amnesti umum bagi kejahatan yang dilakukan sebelum 20 Juni 2011." Demikian menurut kantor berita milik negara, SANA, dalam laporannya pada waktu itu.

Stasiun televisi negara dan SANA melaporkan, Jumat (4/11/2011), bahwa amnesti terakhir itu dibuat saat umat Islam bersiap merayakan hari raya Idul Adha yang jatuh pada Minggu (6/11/2011).

Media pemerintah menyatakan, amnesti diberikan bertepatan pada Idul Adha sebagai upaya untuk menjaga keamanan dan ketertiban umum, serta demi orang-orang yang telah teperdaya dan membawa senjata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com