Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

16.000 Petugas Jaga Kebersihan Kota Mekkah

Kompas.com - 04/11/2011, 13:49 WIB

MEKKAH, KOMPAS.com - Pemerintah kota Mekkah, Arab Saudi, menjadi tuan rumah bagi jutaan warga dunia yang menunaikan ibadah haji setiap tahun. Salah satu tugas terbesar adalah menjaga kebersihan kota tersebut.

Sebagai bagian dari layanan pada musim haji 2011, pemerintah kota Mekkah membentuk sejumlah tim khusus yang dibekali berbagai peralatan yang diperlukan untuk membersihkan kota dalam waktu cepat.

"Pemerintah kota akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyukseskan ibadah haji tahun ini dan kami membentuk sejumlah tim tambahan untuk memastikan Mekkah dan tempat-tempat suci lainnya tetap bersih," kata Abdul Salam Mushat, pejabat layanan kebersihan di kantor wali kota Mekkah, seperti dikutip Arab News, Jumat (4/11/2011).

"Tim-tim itu dilengkap peralatan seperti pompa air dan truk untuk memompa air dari jalan-jalan jika sewaktu-waktu terjadi hujan musiman," lanjutnya.

Mushat menambahkan, timnya juga memiliki kecakapan untuk menangani kondisi darurat seperti banjir dan kebakaran.

Selama musim haji, pemerintah kota mempekerjakan sekitar 16.000 petugas pembersihan yang bekerja selama 24 jam. Mereka dibekali 230 truk sampah, 320 truk hidrolik, 55 buldoser dan ratusan truk air serta alat penyedot debu.

Sampah-sampah akan dibuang di 131 lokasi, yang total mampu menampung 5250 ton sampah.

Sepanjang pekan ini, petugas sudah mengangkut sekitar 15.000 ton sampah dari seluruh kota Mekkah. Operasi pembersihan ini akan terus berlanjut hingga 5 Desember mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com