Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Kerahkan 100.000 Aparat Keamanan

Kompas.com - 04/11/2011, 08:31 WIB

MEKKAH, KOMPAS.com - Sebanyak 2,5 juta muslim dari seluruh dunia akan memulai kegiatan ibadah haji, Jumat (4/11/2011), ibadah tahunan terbesar di dunia, sehingga pemerintah Arab Saudi menghadapi tugas berat, berupa tantangan keamanan dan keselamatan.

Pemerintah Arab Saudi telah mengerahkan sebanyak 100.000 personel keamanan dan pertahanan sipil guna menjamin pelaksanaan ibadah dan menghindari peristiwa yang merenggut jiwa yang pernah menodai kegiatan ibadah pada masa lalu.

"Kami akan mengerahkan segala daya-upaya kami guna mencegah munculnya bahaya terhadap setiap orang atau kelompok orang yang melaksanakan ibadah," kata Menteri Dalam Negeri Arab Saudi Pangeran Nayif bin Abdul Aziz, Selasa (2/11).

Pangeran Nayif baru-baru ini diangkat sebagai Putra Mahkota Kerajaan Arab tersebut.

Ia mengeluarkan pernyataan tersebut, selama pemeriksaan persiapan ibadah haji saat personel polisi antihuru-hara dan antiteror berbaris di luar bangunan keamanan dalam negeri di kerajaan itu sementara helikopter polisi dan regu keamanan melintas di udara.

Ibadah haji dimulai pada Jumat (4/11/20111)  dan mencapai puncaknya Sabtu (5/11/2011), ketika semua anggota jamaah calon haji melaksanakan wukuf di Padang Arafah di luar kota Mekkah, lalu mengakhiri kegiatan dengan Idul Adha atau Hari Raya Qurban pada Minggu (6/11/2011).

Sebanyak 1,7 juta muslim dijadwalkan berkumpul di Mekkah dari seluruh dunia, sementara antara 700.000 dan 800.000 muslim berasal dari dalam Arab Saudi sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com