Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ipar: Tony Blair Itu Penjahat Perang

Kompas.com - 26/10/2011, 15:23 WIB

LEIDEN, KOMPAS.com — Beberapa pekan lalu, Amnesty International mengusulkan agar mantan Presiden Amerika Serikat, George W Bush, diajukan ke pengadilan atas kejahatan perang di Irak. Kini giliran mantan Perdana Menteri Inggris, Tony Blair, yang diusik untuk kejahatan yang sama.

Yang mengejutkan, gagasan itu diajukan oleh adik ipar Blair sendiri, Lauren Booth, seorang wartawan dan aktivis pro-Palestina. Booth berpendapat Blair seharusnya diajukan ke Mahkamah Pidana Internasional (ICC).

"Tony Blair itu penjahat perang," kata Booth saat menghadiri sebuah konferensi yang digelar Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Leiden, Belanda. Demikian dilaporkan Radio Nederland, Rabu (26/10/2011).

Booth mengaku sudah tidak berbicara lagi dengan Blair, meskipun merupakan saudara ipar. Booth beralasan, Blair adalah pembunuh massa yang harus diajukan ke ICC untuk kasus kejahatan perang.

"Saya serius. Banyak gerakan yang tengah mengupayakan ini. Semoga mereka berhasil," ucap adik tiri Cherie Blair itu.

Tahun lalu, Booth menjadi berita besar di Inggris karena memutuskan untuk menjadi muslimah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com