Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibunda Benazir Bhutto Tutup Usia

Kompas.com - 24/10/2011, 11:36 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com — Mantan Ibu Negara Pakistan dan ibu mantan Perdana Menteri Benazir Bhutto yang dibunuh, pada Sabtu (22/10/2011), meninggal setelah sakit yang berlarut-larut.

"Dengan kesedihan dan dukacita diumumkan bahwa mantan Ibu Negara Begum Nusrat Bhutto telah mengembuskan napas terakhirnya di Dubai hari ini," kata pihak pemerintah dalam sebuah pernyataan.

Nusrat Bhutto (82) adalah ibu mertua Presiden Pakistan Asif Ali Zardari dan janda mantan Perdana Menteri Zulfiqar Ali Bhutto, pendiri Partai Rakyat Pakistan (PPP) yang berkuasa.

Jenazahnya akan dimakamkan di Garhi Khuda Bux, pemakaman leluhur keluarga Bhutto, di provinsi Sindh di Pakistan selatan, kata pernyataan itu.

Nusrat Bhutto, dua kali terpilih sebagai anggota parlemen Pakistan, memiliki karier politik yang sulit.

Suaminya dan pemimpin pertama Pakistan yang dipilih secara demokratis digantung  diktator Jenderal Zia-ul-Haq pada 1979.

Ia memimpin PPP hingga putrinya, Benazir Bhutto, mengambil alih pada 1984. Benazir Bhutto dibunuh pada 2007 setelah berpidato dalam kampanye pemilihan di kota garnisun Rawalpindi, dekat ibu kota Islamabad.

Dudanya, Asif Ali Zardari, memimpin PPP ke kemenangan dalam pemilihan pada Februari dan sekarang presiden Pakistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com