Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahanan Palestina Bebas, tetapi Diasingkan ke Suriah

Kompas.com - 19/10/2011, 09:59 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Sebanyak 15 orang Palestina yang dibebaskan dari penjara dan dibuang oleh Israel, Selasa (18/10/2011), dalam kesepakatan pertukaran tahanan dengan Hamas, telah tiba di Damaskus, Suriah.

Mereka disambut oleh wakil dari Hamas dan faksi lain Palestina serta beberapa pejabat Suriah di bandar udara internasional Damaskus, Selasa malam.

Seorang pejabat di Front Rakyat bagi Pembebasan Palestina (PFLP), Maher Taher, mengatakan, perjuangan bagi pembebasan sisa tahanan yang masih dikurung di penjara Israel akan terus dilanjutkan.

Hal senada dikatakan wakil Hamas di Suriah, Jamal Issa. Ia menekankan tahanan yang telah tiba di Damaskus untuk sementara akan menetap di Suriah.

Israel, pada Selasa pagi, membebaskan rombongan pertama tahanan Palestina dan Arab sebagai pertukaran bagi pembebasan prajurit Yahudi, Gilad Shalit, yang ditawan Hamas sejak Juni 2006.

Berdasarkan kesepakatan pertukaran yang diperantarai oleh Mesir, Hamas membebaskan Shalit sebagai ganti 1.027 tahanan Palestina di Israel. 

Sebanyak 477 tahanan dibebaskan pada tahap pertama pertukaran tersebut, sementara sisa 550 tahanan Palestina yang termasuk dalam kesepakatan pertukaran itu dijadwalkan dibebaskan dalam dua bulan ke depan.

Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, 40 dari tahanan yang dibebaskan dideportasi ke tempat pengasingan. Qatar dan Suriah akan menampung 30 mantan tahanan dan Turki telah menerima 12 mantan tahanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com