Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Kirim 100 Tentara Penasihat ke Afrika Tengah

Kompas.com - 15/10/2011, 08:36 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan, Jumat (15/10/2011), ia telah mengirim 100 tentara tempur ke Afrika tengah untuk membantu pasukan yang memerangi pemberontak Lord’s Resistance Army (LRA) Uganda yang telah dituduh melakukan pemerkosaan, pembunuhan, dan penculikan.

Tentara-tentara itu, kalau disetujui oleh pemerintah-pemerintah nasional, bisa dikerahkan di Uganda, Sudan Selatan, Republik Afrika Tengah (CAR), dan Republik Demokratik Kongo (DRC), kata Obama dalam pesan pada Kongres.

Pemberontak LRA telah dituduh meneror, membunuh, memerkosa, dan menculik ribuan orang di keempat negara itu, dan puluhan ribu orang telah tewas akibat perang 20 tahun mereka dengan pasukan keamanan di Uganda utara.

"Pasukan itu akan bertindak sebagai penasihat bagi pasukan mitra, yang memiliki tujuan untuk mengeluarkan dari medan tempur Joseph Kony dan pemimpin senior lainnya LRA," kata Obama. Namun, ia memperingatkan, mereka tidak akan memimpin sendiri pertempuran.

Meskipun pasukan AS itu tentara tempur yang diperlengkapi, mereka hanya akan memberikan informasi, nasihat, dan bantuan pada pasukan negara-negara mitra.

"Mereka tidak akan berperang dengan pasukan LRA sendiri kecuali perlu untuk bela diri. Semua tindakan pencegahan yang pantas telah diambil untuk menjamin keselamatan personel militer AS dalam pengerahan mereka."

Presiden itu mengatakan, sekelompok kecil tentara telah dikirim pada Rabu (12/10/2011), dan bahwa pasukan tambahan akan dikerahkan pada pulan depan.

Kony, yang dituduh melakukan kejahatan perang dan dicari oleh Pengadilan Kriminal Internasional (ICC), tampaknya telah masuk agenda politik nasional dan dalam beberapa tahun belakangan ini tentaranya yang merusak telah menyebarkan kematian dan kehancuran di kawasan itu.

Perang saudara secara efektif telah berakhir pada 2006 ketika proses perdamaian dilancarkan, tetapi Kony dan komandan-komandan pentingnya terus melakukan kekejaman di wilayah negara-negara yang berdekatan itu.

Jenderal Carter Ham, Kepala Komando Afrika AS, mengatakan pekan lalu bahwa menurut perkiraannya, Kony mungkin berada di Republik Afrika Tengah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com