Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaji Steve Jobs Hanya 1 Dollar AS Per Tahun

Kompas.com - 07/10/2011, 15:46 WIB

PALO ALTO, KOMPAS.com — Orang pasti membayangkan Steve Jobs, sebagai CEO sebuah brand paling berharga di dunia, bergaji sangat tinggi. Pada kenyataannya, gaji Jobs hanya 1 dollar AS per tahun.

Jobs mendapat gaji 1 dollar AS sejak 1997. Tentang gajinya itu, pada 2007 Jobs pernah berkelakar, "Saya digaji 50 sen setiap tahun untuk datang ke kantor, dan 50 sen sisanya untuk performa saya dalam bekerja."

Tentu saja penghasilan Jobs bukan dari gajinya di Apple. Pada awal 2011, Jobs memiliki 5,5 juta saham Apple. Setelah kematiannya, saham Apple bernilai 377,64 dollar AS per lembar.

Menurut majalah Forbes, dengan kekayaan senilai 8,3 miliar dollar AS, Jobs menduduki peringkat ke-110 dalam daftar orang terkaya dunia. Namun, sumber kekayaan terbesarnya adalah ketika dia menjual Pixar ke Disney dengan nilai 7 juta dollar AS.

Andai saja dia tidak menjual sahamnya saat meninggalkan Apple pada 1985, sebelum kemudian kembali pada 1996, bisa saja dia menjadi orang terkaya kelima di dunia.

Saat meninggal dunia, Rabu (6/10/2011), Jobs meninggalkan Laurene, istrinya, serta tiga anak mereka, Reed, Erin, dan Eve. Dia juga memiliki anak perempuan dari hubungannya sebelum menikah, yakni Lisa Brennan-Jobs.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com