Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Orang Tewas dalam Pameran Dirgantara

Kompas.com - 18/09/2011, 11:04 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Sedikitnya sembilan orang tewas dan lebih dari 50 orang terluka akibat kecelakaan pesawat pada pameran dirgantara di Reno, Nevada, Amerika Serikat, pada Jumat (16/9/2011).

Wakil Kepala Kepolisian Reno, Dave Evans, Sabtu (17/9/2011), mengatakan, tujuh korban tewas termasuk pilot meninggal dunia di tempat. Mayat korban ditemukan di permukaan jalan kompleks National Championship Air Show (NCAS) di padang pasir di luar Reno. Adapun dua orang lainnya tewas di rumah sakit setempat.

"Kami membawa 54 pasien dari sini ke beberapa rumah sakit. Dari jumlah itu... rumah sakit melaporkan dua kematian. Kami juga memiliki data tujuh korban tewas yang kami tahu pada waktu ini di permukaan jalan (tarmac) termasuk pilot," kata Evans.

Delapan dari mereka yang terluka masih dalam keadaan kritis dan sedang dirawat intensif di dua rumah sakit penting.

Pameran dirgantara di NCAS tersebut mempertontonkan aksi pilot-pilot yang menerbangkan pesawat era Perang Dunia II. Pesawat yang jatuh berjenis P-51 Mustang yang diterbangkan oleh pilot veteran pameran dirgantara tampak kehilangan kendali. Pesawat itu jatuh dengan kekuatan penuh ke arah penonton.

Sebuah video amatir merekam momen jatuhnya pesawat itu. Pesawat satu kursi berjuluk "Galloping Ghost" dan diproduksi pada 1940-an ini meluncur kencang dan berguling liar di angkasa. Pesawat kemudian menghunjam ke tanah dengan sudut vertikal ke tempat pembatas para penonton dan nyaris mengenai sebuah anjungan besar yang dipenuhi banyak orang.

Evans menambahkan, pesawat itu tidak memiliki kotak hitam. Penyidik kini tengah mencari sebuah potongan dari pesawat yang dilaporkan jatuh sebelum kecelakaan tersebut terjadi.

"Sebuah komponen telah ditemukan di tempat tersebut. Ini akan dipelajari... Kami belum tahu benar komponen apakah itu atau apakah komponen tersebut bagian tertentu dari pesawat. Kami akan fokus dalam hal itu," kata Evans.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com