Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Kaya China Bertambah

Kompas.com - 09/09/2011, 07:57 WIB

SHANGHAI, KOMPAS.com - Gonjang-ganjing finansial global ternyata hanya sedikit berdampak pada pertumbuhan kekayaan orang China. Perekonomian China terus menambah jumlah jutawan di China. Majalah Forbes mengeluarkan daftar orang kaya China di Shanghai, Kamis (8/9).

Forbes menyatakan, China memiliki total 146 jutawan tahun ini, naik 14 persen dari 2010. China menempati peringkat kedua setelah Amerika Serikat yang memiliki 413 jutawan. Sebelumnya, China mengeluarkan laporan Hurun yang berisi orang-orang kaya China.

”Walau pasar saham menurun, kekayaan dari orang-orang sukses di China terus naik,” ujar Russel Flannery, senior editor dan pimpinan redaksi Forbes di Shanghai, kemarin.

Flannery mengacu pada pembangunan gedung, meningkatnya permintaan barang konsumsi, dan booming ekonomi yang terus mendorong kekayaan orang China. Perekonomian China bertumbuh sebesar 9,6 persen tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu. ”Tingginya pertumbuhan produk domestik bruto memberikan dasar dan ruang untuk menemukan bisnis baru,” ujarnya.

Akan tetapi, semakin banyak juga orang kaya China yang menghindari publikasi tentang kekayaan mereka. Hal itu mencerminkan masih ada ketakutan kepada para pejabat serta semakin besarnya perbedaan antara kaya dan miskin. Keengganan membuka diri ini juga disebabkan semakin banyak jutawan yang meringkuk di penjara.

Pendapatan di pedesaan meningkat lebih lamban dibandingkan dengan pendapatan orang kota dalam dua dekade terakhir. Hal itu dapat menjadi faktor yang mencetuskan ketidakseimbangan sosial. Di China, masih ada 150 juta orang yang hidup dengan dana sebesar kurang dari setengah dollar AS atau kurang dari Rp 5.000 per hari.

”Banyak jutawan baru dalam beberapa tahun ini keluar dari daftar orang kaya Forbes Asia,” ujar Flannery. ”Saya rasa itu mencerminkan perubahan di dalam masyarakat China, banyak yang khawatir tentang semakin lebarnya jurang antara si kaya dan si miskin.”

Beberapa orang dari daftar orang terkaya Forbes telah meringkuk di penjara, termasuk Huang Guangyu, pendiri Gome Electrical Appliances Holdings Ltd, serta konglomerat properti dari Shanghai, Zhou Zhengyi. CLSA Asia-Pacific Markets pada sebuah kajian yang dikeluarkan kemarin memperkirakan, China akan menempati sekitar 60 persen porsi orang kaya di kawasan Asia dalam lima tahun ke depan.

Berjuang

Dalam daftar orang kaya versi Forbes tersebut, pada tempat teratas adalah Liang Wengen. Liang adalah pimpinan perusahaan Sany Heavy Industry. Satu hari sebelumnya, daftar orang kaya versi Hurun juga mencantumkan namanya. Forbes memperkirakan kekayaan Liang sebesar 9,3 miliar dollar AS, sedangkan Hurun memperkirakan asetnya 11 miliar dollar AS.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com