Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran Harry Berlatih dengan Apache di AS

Kompas.com - 01/09/2011, 23:36 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Pangeran Harry berencana mengikuti pelatihan terbang dengan helikopter Apache di Amerika Serikat pada akhir tahun ini. Latihan ini dilakukan untuk menambah pengalamannya menunggangi mesin tempur tersebut.

Kementerian Pertahanan Inggris, Kamis (1/9/2011), menyebutkan, Pangeran Harry akan ikut mengambil bagian dalam latihan dua bulan di pangkalan Angkatan Udara Gila Bend Auxiliary di Arizona dan lapangan terbang Angkatan Laut AS di El Centro, California.

"Pelatihan di Amerika Serikat terdiri dari latihan lingkungan dan latihan menembak langsung maupun taktis," kata seorang juru bicara Kemenhan Inggris.

Juru bicara tersebut mengemukakan, latihan "Crimson Eagle" itu memungkinkan pilot Inggris untuk berlatih dengan Apache di daerah kering dan berdebu yang mirip dengan kondisi di Afganistan selatan. Sekitar 9.500 tentara Inggris diterjunkan untuk menjaga perdamaian di wilayah pergolakan tersebut.

Militer AS mengonfirmasi adanya rencana pelatihan militer tersebut, tetapi menolak berkomentar lebih jauh tentang tugas Kerajaan Inggris.

Unit helikopter Inggris dan sekutu-sekutu NATO lainnya secara teratur berlatih di El Centro, California selatan, dekat perbatasan Meksiko. Markas latihan ini memiliki sejumlah latihan menembak. "Beragam skuadron datang dari seluruh dunia untuk berlatih di sini. Ini merupakan lokasi latihan gurun yang luar biasa," kata Michelle Dee, juru bicara pangkalan AL di El Centro.

Pangeran Harry, yang dijuluki sebagai "Kapten Wales", telah dinyatakan lulus tes menerbangkan Apache dan dianugerahi Apache Flying Badge pada April 2011. Ia telah menegaskan tekadnya untuk kembali bertugas di Afganistan, tempat di mana ia pernah bertugas sebagai prajurit pada 2007-2008.

Kemenhan Inggris menolak berkomentar soal spekulasi adanya "lampu hijau" yang diberikan kepada Pangeran Harry untuk pergi ke Afganistan sebagai pilot Apache.

Dalam pernyataannya, juru bicara Kemenhan Inggris mengatakan bahwa program latihan di AS itu, antara lain, bertujuan untuk menjadikan peserta sebagai pilot Apache. "Kapten Wales akan bergabung dengan salah satu dari skuadron Apache dan mendapatkan pengalaman lebih untuk menerbangkan Apache dan ambil bagian dalam latihan di Inggris," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com