Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

25 Pengungsi Libya Tewas Kehabisan Nafas

Kompas.com - 01/08/2011, 19:28 WIB

ROMA, KOMPAS.com - Para penjaga pantai Italia menemukan 25 mayat di dalam kapal pengungsi yang penuh dengan 271 orang berdesakan setiba di pulau Lampedusa di bagian selatan negara itu pada Senin (1/8/2011), demikian dilaporkan otoritas pelabuhan setempat.

"Tidak jelas bagaimana para pengungsi, yang semuanya pemuda itu,  meninggal. Namun, diduga mereka kehabisan nafas karena kondisi yang penuh sesak," kata laporan itu.

Jenazah para pemuda ini ditemukan saat para pengungsi dievakuasi dari kapal mereka ke sebuah kapal penjaga pantai. Jenazah mereka saat ini disimpan di kamar mayat di pulau itu.

Sebanyak 271 pengungsi ditemukan hidup termasuk 36 perempuan dan 21 anak-anak. Para pejabat penjaga pantai sebelumnya mengatakan, jumlah pengungsi adalah 268 orang.

Ribuan pengungsi melarikan diri Libya, sebagian besar dari mereka adalah pekerja migran dari bagian-bagian lain dari Afrika, telah tiba di pulau kecil Lampedusa pada beberapa pekan terakhir.

Ratusan orang tenggelam dalam serangkaian kecelakaan karena badai di lautan. Kapal-kapal yang digunakan para pengungsi untuk menyeberang dari Libya sangat tidak layak, seringkali mereka menggunakan kapal nelayan yang sudah tua.

Perjalanan dari Afrika Utara menuju otoritas negara Italia membutuhkan waktu sekitar dua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com