Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Oman Ditahan karena Setir Mobil

Kompas.com - 18/07/2011, 09:47 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Dua perempuan Oman ditahan karena mengemudikan mobil di Arab Saudi, tempat di mana perempuan tidak diperbolehkan menyetir mobil. Polisi menahan kedua perempuan pengemudi itu yang sedang melakukan perjalanan bersama keluarga mereka di jalan yang menghubungkan kota Riyadh dengan kota Taef, di Saudi barat.

"Seorang warga memberi informasi kepada patroli polisi bahwa kedua perempuan itersebut mengendarai mobil dengan SIM Oman, " lapor harian Al-Hayat. Harian itu menambahkan, "Kedua perempuan itu ditahan dan diberi tahu bahwa perempuan tidak berhak untuk mengemudikan mobil. Mereka telah menandatangani komitmen untuk tidak melakukan kesalahan itu lagi."

Akhir Juni lalu, Arab Saudi menangkap lima perempuan Saudi yang menyetir mobil. Para perempuan tersebut melakukan pembangkangan yaitu sengaja menyetir mobil di kerajaan Saudi yang sangat konservatif itu. Tindakan mereka merupakan tanggapan atas seruan di internet kepada para perempuan di Riyadh untuk menyetir mobil, setelah aksi protes pada 17 Juni dimana 42 perempuan turun ke jalan.

Sejak itu "perempuan setiap hari menantang larangan itu di kota-kota yang berbeda di kerajaan tersebut", kata seorang aktivis yang tidak mau disebut namanya kepada AFP. Ia mengatakan, ibunya sendiri telah melakukan hal seperti itu di Riyadh. Tidak ada undang-undang yang secara resmi melarang perempuan mengemudikan mobil di Arab Saudi. Namun sebuah fatwa keagamaan telah menetapkan bahwa perempuan harus diantar oleh seorang sopir atau anggota keluarga laki-laki ketika bepergian dengan menggunakan mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com