Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang "Reshuffle", Menlu Mesir Mundur

Kompas.com - 17/07/2011, 09:55 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) Mesir Mohammed al-Orabi mengundurkan diri saat Perdana Menteri Essam Sharaf menunjuk dua wakil sebagai langkah pertama menuju reshuffle (perombakan) kabinet.

Sharaf, yang menjadi kepala pemerintahan sementara setelah presiden Hosni Mubarak terguling Februari lalu, dijadwalkan mengumumkan kabinet baru paling lambat Senin (18/7/2011). Perombakan kabinet itu diharapkan bisa aksi duduk satu-pekan di Kairo tengah.

Pengumumnan mengenai pengunduran diri al-Orabi disampaikan di media resmi beberapa jam setelah Sharaf menunjuk ahli ekonomi kawakan Hazem Beblawi dan Ali as-Silmi, seorang pemimpin partai liberal Wafd, sebagai wakilnya.

Sharaf, yang memiliki kekuasaan terbatas di bawah para penguasa militer negeri itu, telah menghadapi kecaman dari pembangkang yang pernah mendukungnya, karena lambannya langkah pembaruan setelah Mubarak terdepak.

Al-Orabi mengatakan ia mengajukan pengunduran dirinya "untuk menyelamatkan perdana menteri dari malu selama perundingan saat ini mengenai perubahan menteri", demikian laporan kantor berita resmi Mesir, MENA.

Al-Orabi telah menduduki jabatan tersebut selama kurang dari satu bulan. Ia mengambil alih posisi itu dari Nabil al-Arabi, pilihan rakyat yang telah meninggalkan Kementerian Luar Negeri untuk memimpin Liga Arab.

Kendati ada pengumuman tersebut, ratusan pemrotes yang mendirikan tenda di Bundaran At-Tahrir di Kairo masih bertahan, meskipun sebagian demonstran menghentikan mogok makan setelah perundingan dengan wakil militer, demikian laporan media resmi Mesir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com