Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2011, 19:11 WIB

KOMPAS.com — Surat perintah penangkapan terhadap pemimpin Libya, Moammar Khadafy, keluar Senin (27/6/2011). Pihak Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) yang meneken surat itu. Artinya, sebagaimana warta AP dan AFP, Khadafy menjadi buronan internasional.

Tak cuma itu, ICC juga melansir surat senada untuk putra Khadafy, Saif. Lalu, surat yang sama juga dikeluarkan untuk Kepala Badan Intelijen Libya Abdullah al-Senussi. Ketiganya didakwa melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Jaksa di ICC, Luis Moreno-Ocampo, Minggu, mengatakan bahwa kejahatan terhadap kemanusiaan terus berlanjut di Libya. "Karena alasan itulah, Khadafy harus ditangkap," ujar Moreno-Ocampo.

Pada Mei lalu Moreno-Ocampo meminta mahkamah mengeluarkan surat penangkapan untuk Khadafy. Kala itu Khadafy dianggap terlibat dalam pembunuhan terhadap para pengunjuk rasa setelah Dewan Keamanan PBB melimpahkan masalah ini ke ICC.

Keputusan ICC ini disambut baik Menteri Luar Negeri Inggris William Hague. Hague menyatakan, surat penangkapan dari Mahkamah Kejahatan Internasional ini menunjukkan Khadafy telah kehilangan semua legitimasi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com