Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Bom Baquba Bisa Bertambah

Kompas.com - 14/06/2011, 18:03 WIB

KOMPAS.com - Sampai kini, korban tewas lantaran bom bunuh diri di sebuah gedung dewan Provinsi Diyala, Irak, bisa bertambah. Pasalnya, insiden di ibu kota provinsi itu, Baquba, masih berkaitan dengan kelompok perlawanan yang justru tetap bertahan di dalam gedung.

Sebelumnya, sebagaimana warta AP dan AFP pada Selasa (14/6/2011), kawanan bersenjata menyerbu gedung itu. Sementara, dua bom mobil meledak di luar gedung. Lantaran hal itulah, terbuka peluang bagi kalangan perlawanan menyerbu masuk. Padahal, waktu kejadian, dewan provinsi tengah menggelar pertemuan mingguan. Dua ledakan bom bunuh diri juga dilaporkan terjadi di dalam gedung pemerintahan tersebut.

Saksi mata di lokasi melaporkan bentrokan di dalam kompleks terjadi antara pemberontak yang bersenjata senapan mesin dan aparat keamanan Irak.

Serangan di Baquba menyerupai serangan serupa oleh sekelompok anggota Al Qaeda dengan sasaran kompleks kantor pemerintah Provinsi Salahuddin di Tikrit pada 29 Maret yang menelan 58 korban jiwa. Baquba sendiri menjadi sasaran dua serangan besar pada Januari tahun ini. Dalam insiden serangan pertama bulan tersebut, tiga orang terbunuh dan 30 terluka akibat ledakan bom bunuh diri di luar sebuah markas kepolisian. Beberapa hari sebelumnya, serangan lain juga dengan sasaran kompleks kepolisian menelan 14 korban jiwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com