Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terima Rp 18 M, Perompak Bebaskan Kapal Mesir

Kompas.com - 14/06/2011, 15:48 WIB

MOGADISHU, KOMPAS.com — Setelah melalui proses negosiasi selama berbulan-bulan, perompak Somalia akhirnya membebaskan kapal kargo Mesir MV Suez dan ke-22 krunya, Senin (13/6/2011).

Kapal berbendera Panama itu dioperasikan oleh Red Sea Navigation Company yang bermarkas di Port Said, Mesir. Kapal dan semua awaknya dibebaskan dengan uang tebusan 2,1 juta dollar AS (Rp 18 miliar) yang dijatuhkan dari pesawat.

Kapal yang membawa 22 awak berkebangsaan Pakistan, India, Mesir, dan Sri Lanka itu menjadi tawanan para lanun Somalia setelah diserang di Panama 10 bulan silam.

Kepada kantor berita Reuters, salah seorang perompak yang mengaku bernama Ali membenarkan pembebasan itu. Ali menyatakan mereka sudah menerima uang tebusan.

The Maritime Executive mengutip pihak berwenang, kondisi kesehatan awak MV Suez sangat buruk. Mereka mengaku mendapat makanan apabila para perompak makan. Supaya bisa bertahan, mereka minum air hujan.

Selama disandera, mereka beberapa kali mendapat ancaman, terutama apabila negosiasi uang tebusan macet dan para perunding gagal mencapai kesepakatan soal jumlah uang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com