Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Orang Dekat Khadafy Membelot

Kompas.com - 14/06/2011, 09:52 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Pemimpin Libya Moammar Khadafy kehilangan seorang lagi orang dekatnya. Kali ini yang membelot adalah Sassi Garada, ungkap dua pengamat Libya di London, Inggris, Senin (13/6/2011).

Garada termasuk orang pertama yang bergabung ketika Khadafy merebut kekuasaan di Libya lebih dari 40 tahun lalu. Garada meninggalkan Libya melalui Tunisa, menurut pengamat Libya Noman Benotman yang melakukan kontak dengan teman-teman dan keluarga Garada.

Keterangan Benotman, dibenarkan oleh Guma el-Gamaty, seorang pengorganisir dewan interim Libya di Inggris.

Laporan awal menyebut Garada kabur ke Inggris, tempat sejumlah kerabatnya tinggal. Namun menurut Benotman, Garada kini berada di Swiss.

Para pejabat Inggris, yang menolak identitasnya disebut, pihaknya tidak bisa mengonfirmasi informasi tersebut. Sementara juru bicara Kementerian Luar Negeri Swiss Carole Waeti mengatakan kepada AP, pemerintahnya "tidak mengetahui kemungkinan keberadaan Garada di Swiss".

Misi PBB untuk Libya di Geneva, yang berpihak pada oposisi, menyatakan belum mengetahui pembelotan Garada, tetapi akan menyelidiki informasi itu. Pada Februari lalu, para diplomat dalam misi itu secara terbuka menolak Khadafy hingga menambah jumlah pejabat yang memberontak terhadap rezim itu.

Dikenal sebagai pendukung setia Khadafy, Garada disebut-sebut sering menolak kenaikan pangkat militer agar tidak menjadi pusat perhatian, jelas Benotman yang bekerja sebagai analis Quillam Foundation.

Garada berasal dari suku minoritas Berber. Sukui ini sering berperang melawan etnis mayoritas Arab agar bahasa dan kebiasaan mereka dilindungi. Kebanyakan suku Berber menguasai wilayah pegunungan barat Libya. Di kawasan itulah Garada bertugas meredakan ketegangan, papar el-Gamaty.

Belum jelas alasan dan kapan Garada meninggalkan Khadafy. Namun, pembelotannya menambah panjang daftar pejabat yang bergabung dengan oposisi. Peluang Khadafy mempertahankan kekuasaan pun makin kecil.

Bulan lalu beberapa pejabat tinggi memutuskan membelot. Di antaranya Menteri Perminyakan Shukri Ghanem, Menteri Luar Negeri Moussa Koussa, Menteri Dalam Negeri Abdel-Fatah Younes, Menteri Kehakiman Mustafa Abdul-Jalil, dan mantan Presiden Majelis Umum PBB Ali Abdelssalam Treki.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com