Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Gempa Kuat Hancurkan Lorca yang Cantik

Kompas.com - 13/05/2011, 05:35 WIB

MADRID, KOMPAS.com — Dua gempa kuat yang mengguncang Lorca, wilayah tenggara Spanyol, dua kali dengan magnitud 4,4 pada pukul 17.03 dan 5,1 pada pukul 18.47 waktu setempat pada Rabu (11/5/2011) telah memaksa sekitar 30.000 penduduk pada Kamis (12/5/2011) tidur di luar rumah.

Dua gempa tersebut merupakan kejadian terburuk setelah kejadian serupa yang pernah mengguncang Spanyol sekitar 50 tahun yang lalu.

Sepuluh orang tewas dan 400 orang terluka, 167 di antaranya harus dirawat secara intensif di Rumah Sakit Virgin de Arrixaca.

Televisi Spanyol, TVE, melaporkan betapa dahsyatnya kerusakan yang ditimbulkan gempa tersebut. Dalam salah satu gambar diperlihatkan sebuah lonceng gereja tua yang runtuh akibat guncangan tersebut.

Perdana Menteri Spanyol Jose Luis Rodriguez Zapatero menyatakan keadaan darurat dan telah mengerahkan 200 pasukan penyelamat untuk segera melakukan evakuasi korban gempa bumi.

"Kami dalam kondisi darurat, tetapi saya percaya tim penyelamat akan bekerja secara maksimal dalam memulihkan kondisi ini," kata Zapatero.

Pascagempa, Pemerintah Spanyol segera mengerahkan para ahli struktur bangunan untuk mempelajari dan menyelamatkan bangunan-bangunan tua bersejarah tersebut. Untuk batas waktu yang belum ditentukan, sekolah-sekolah di Lorca diliburkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com