Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Tak Diundang ke Inggris

Kompas.com - 24/04/2011, 09:11 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Daftar nama tamu pesta pernikahan William-Kate sudah diumumkan pada Sabtu (23/4/2011). Di dalamnya termasuk para anggota kerajaan di seluruh dunia dan para selebriti seperti "Mr Bean" Rowan Atkinson. Namun, Presiden AS Barack Obama memang sengaja tidak diundang.

Menurut pihak Kerajaan Inggris, pesta pernikahan Pangeran William (28) dan Kate Middleton (28) tidak merupakan acara kerajaan. Presiden Perancis Nicolas Sarkozy juga tidak diundang. Akan tetapi, Perdana Menteri Inggris berperan sebagai pemimpin delegasi pemerintahan pada pesta "Yes, I do" itu.

Itu adalah ucapan masing-masing pengantin ketika rohaniwan pemimpin pemberkatan pernikahan bertanya, "Siapkah Anda mencintai pasangan Anda dalam suka ataupun duka hingga ajal memisahkan?"

Para pejabat Istana mengatakan, secara tradisional mereka tidak pernah mengundang kepala pemerintahan non-kerajaan. Karena itu, para pemimpin politik di luar 54 pemimpin negara-negara anggota Persemakmuran tidak diundang. Namun, Pangeran Charles segera terbang ke AS untuk menemui Obama seusai pesta pernikahan. "AS adalah sekutu utama Inggris dalam hubungan internasional," kata Paddy Harverson, juru bicara Pangeran Charles.

Charles akan terbang ke AS dengan menggunakan jet pribadi milik pebisnis Texas, AS, Joe Allbritton.

Veteran Irak diundang

Ada 1.900 nama yang diundang, termasuk David Beckham dan istrinya, Victoria, serta Elton John (musisi teman dekat almarhumah Putri Diana, ibu Pangeran William).

Pesta akbar sejagat ini akan ditayangkan APTN mulai pukul 06.00 GMT atau pukul 13.00 WIB pada 29 April hingga pukul 17.00 GMT.

St James's Palace, markas pengundang, juga mengonfirmasikan bahwa Putra Mahkota Bahrain, Salman bin Hamad Al Khalifa, turut hadir. Aparat keamanan Inggris harus ekstra hati-hati soal pengamanannya. Bahrain belum lama ini dilanda aksi protes dari para warganya.

Akan hadir pula 40 raja dari luar negeri, termasuk Denmark, Norwegia, Spanyol, Thailand, dan Maroko.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com