Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putra Mahkota Abu Dhabi Sowan Obama

Kompas.com - 23/04/2011, 10:44 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan menerima Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammaed bin Zayed an-Nahayan pada 26 April untuk membicarakan kepentingan strategis bersama di Timur Tengah, demikian Gedung Putih mengumumkan, Jumat (22/4/2011).

Pertemuan itu diumumkan sepekan setelah Putra Mahkota bertemu Kepala Komando Pusat AS Letnan Jenderal James Mattis, saat ketegangan meningkat di antara negara-negara Arab dan Iran.

"Presiden Obama akan menyambut Putra Mahkota Mohammed bin Zayed An Nahayan dari Uni Emirat Arab ke Gedung Putih pada Selasa, 26 April," katanya dalam satu pernyataan.

"Presiden menanti-nanti untuk membicarakan dengan Putra Mahkota, hubungan kuat antara AS dan UAE serta kepentingan strategis kami di kawasan itu," kata Gedung Putih.

Situasi tegang di antara negara-negara Arab Teluk dan Iran memburuk setelah intervensi pasukan keamanan Teluk pada pertengahan Maret lalu, yang mencakup satu-kesatuan dari UAE, di Bahrain yang diperintah Sunni, tempat pasukan keamanan menumpas demonstrasi prodemokrasi pimpinan Syiah.

Intervensi itu telah memicu perang kata antara berbagai negara Arab Teluk dan tetangga mereka Iran, dengan kedua belah pihak saling tuduh telah campur tangan di Bahrain, dan negara-negara Arab menduga campur tangan Iran di Kuwait.

AS dan berbagai negara Barat lainnya menuduh Teheran berusaha mendapatkan senjata nuklir dan mendukung gerilyawan di Irak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com