Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kate Dikukuhkan dalam Kebaktian Tertutup

Kompas.com - 15/04/2011, 10:53 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Kate Middleton telah dikukuhkan di Gereja Inggris dalam satu kebaktian tertutup sebelum pernikahannya dengan Pangeran William. Upacara itu dilakukan oleh Uskup London, Richard Chartres, yang akan memberikan kotbah pada upacara perkawinan Kate dan William di Westminster Abbey pada tanggal 29 April ini.

Kate, 29 tahun, telah dibaptis pada usia lima bulan di Paroki Bradfield St Andrew di Berkshire tapi belum dikukuhkan ketika remaja. Upacara pengukuhan tersebut, yang menandai titik di mana orang Kristen yang sudah dibaptis membuat sebuah komitmen teguh terhadap iman mereka, diselenggarakan pada 10 Maret lalu, demikian menurut laporan The Telegraph, Kamis (14/4/2011).

Seorang jurubicara Istana St James mengatakan, "Catherine Middleton telah dikukuhkan oleh Uskup London pada sebuah kebaktian pribadi di Istana St James yang dihadiri keluarganya dan Pangeran William. Nona Middleton, yang sudah dibaptis, memutuskan untuk dikukuhkan sebagai bagian dari persiapan pernikahannya."

Tunangan Pangeran William itu diketahui telah menerima bimbingan dan konseling dari uskup itu sebelum memutuskan untuk dikukuhkan. Kebaktian tersebut dihadiri oleh orang tuanya Michael (61) dan Carole Middleton (56), serta adiknya Pippa (27) dan James (23). Alex Loudon (30), pacar Pippa Middleton, juga hadir.

Uskup London, yang dianggap sebagai salah satu klerus favorit Pangeran Wales, telah memainkan peran penting dalam beberapa upacara keagamaan kerajaan dalam beberapa tahun terakhir. Uskup itu juga yang mengukuhkan Pangeran William dalam sebuah acara yang diselenggarakan di kapel St George, Istana Windsor pada Maret 1997 ketika ia berusia 14 tahun. Upacara pengukuhan William itu merupakan kali terakhir Panggeran Charles, Prince of Wales, dan Diana, Princess of Wales, terlihat bersama di depan publik sebelum Diana tewas dalam kecelakaan mobil di Paris pada Agustus tahun itu juga. Uskup London itu juga yang memimpin upacara pada peringatan bagi ibu Pangeran William. Ia juga diketahui telah menasehati Pangeran itu pada tahun-tahun sebelum ia pergi ke Universitas St Andrews.

Semua raja Inggris memainkan peran sentral dalam Gereja Inggris, yaitu sebagai kepala gereja yang bergelar Gubernur Agung, sebuah posisi yang suatu saat akan jatuh ke Pangeran William. Begitu Kate menjadi anggota Keluarga Kerajaan, kebaktian-kebaktian di geraja sering akan menjadi bagian dari kehidupan barunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com