Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Bersenjata Bantai 10 Buruh Pakistan

Kompas.com - 22/03/2011, 04:09 WIB

QUETTA, KOMPAS.com — Sejumlah pria bersenjata dengan sepeda motor membantai 10 buruh pembangunan jalan, Senin (21/3/2011) di bagian barat daya Pakistan. Insiden itu terjadi di daerah Palari, distrik Gwadar, 1.450 kilometer di barat Quetta, ibu kota provinsi Baluchistan yang kaya minyak dan gas.

"Sedikitnya delapan pria bersenjata yang mengendarai empat sepeda motor melepaskan tembakan ke 50 buruh pembangunan jalan, menewaskan 10 orang," kata Menteri Dalam Negeri Regional Baluchistan Akbar Durrani.

Ia mengatakan, mereka yang tewas itu adalah tujuh personel Organisasi Pekerja Perbatasan pimpinan militer yang menjalankan proyek-proyek teknik sipil, dan tiga pekerja dari Otoritas Jalan Raya Nasional.

Seorang pejabat senior pemerintah setempat di Gwadar, Muhammad Talha, mengonfirmasi insiden itu dan korbannya. Ia menambahkan, orang-orang bersenjata itu kemudian melarikan diri.

Tidak ada orang atau pihak menyatakan bertanggung jawab, tapi wilayah itu telah dihantam oleh serangan-serangan yang dituduhkan kepada gerilyawan Taliban meskipun sabotase pipa gas di provinsi telah menjadi ciri pemberontak nasionalis.

Baluchistan yang miskin, berbatasan dengan Afghanistan dan Iran, dicabik pemberontakan yang dikobarkan oleh suku-suku etnik Baluch yang berusaha memperoleh otonomi lebih besar dari pemerintah federal dan pembagian keuntungan lebih besar dari sumber alam.

Pada Oktober, Amnesty International meminta Pakistan untuk menyelidiki dugaan penyiksaan dan pembunuhan lebih dari 40 pemimpin politik dan aktivis Baluch dengan aktivitas militer Pakistan di provinsi itu sebagai latar belakang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com