Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilot Pemabuk Enggak Ada Matinya!

Kompas.com - 11/03/2011, 17:08 WIB

KOMPAS.com - Meski sudah menerapkan peraturan tegas, pemerintah India tetap kewalahan menuntaskan problem pilot yang kedapatan mabuk gara-gara menenggak minuman beralkohol saat bertugas. Dalam jangka waktu dua tahun, antara Januari 2009 sampai dengan November 2010, otoritas penerbangan India, misalnya, menangkap 57 pilot pemabuk. "Meski sebagian dari mereka sudah dibebaskan, masih ada 11 orang yang ternyata tetap dalam pengaruh alkohol sampai kini," begitu kata Menteri Penerbangan Vayalar Ravi di hadapan legislatif India.

Menurut warta koran The Times India pada Jumat (11/3/2011), 11 pilot itu, tanpa ampun dipecat dengan tidak hormat. Sebelumnya, otoritas memang melakukan pengecekan acak terhadap para pilot yang terduga selalu memelihara kebiasaan mabuk tersebut.

Sementara itu, 46 pilot yang sudah bebas ternyata mendapat sanksi dari pihak terkait mulai dari pelarangan mengemudikan pesawat terbang hingga tiga bulan sampai pencabutan surat izin terbang.

Penumpang India memang acap mengajukan komplain atas perilaku pilot maupun kru pesawat yang doyan mabuk itu. Pada 2009 misalnya, dua pilot dan dua awak kabin harus terkena sanksi larangan terbang. Soalnya,  mereka terlibat perkelahian di kabin penumpang saat pesawat tengah mengudara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com