Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perompak Bajak Kapal Pesiar

Kompas.com - 19/02/2011, 19:11 WIB

MOGADISHU, KOMPAS.com — Para perompak telah membajak sebuah kapal pesiar, dengan empat orang Amerika Serikat di dalamnya, di lepas pantai Oman, kata seorang pakar maritim regional dan penasihat kelompok pemantau perompakan di Samudra Hindia, Sabtu (19/2/2011). "S/V Quest diserang oleh bajak laut di Samudra Hindia dan empat orang AS yang ada di dalamnya dijadikan sandera," kata kelompok penasihat Ecoterra dalam pernyataannya.

Ecoterra mengatakan, kapal pesiar sepanjang 58 kaki itu dimiliki Jean dan Scott Adam. Namun, tak segera jelas apakah mereka itu berlayar dengan kapal pesiar itu saat serangan berlangsung.

Geng-geng perompak  di Samudra Hindia mengeruk puluhan juta dollar AS uang tebusan. Meskipun terdapat usaha-usaha sukses untuk memadamkan serangan-serangan di Teluk Aden, angkatan laut internasional berjuang keras untuk memberantas pembajakan karena perairan tersebut luas.

Jean dan Scott Adam memulai perjalanan dunia mereka pada 2004, menurut laman jejaring mereka. Seorang pejabat AS di Nairobi menolak berkomentar dan mengatakan bahwa Bidang Umum Pentagon adalah pihak menangani pertanyaan pers.

Pakar maritim Afrika Timur, Andrew Mwangura, mengatakan, kapal pesiar itu sedang berlayar dari India ke Salalah di Oman saat perompak menyerang pada Jumat sore.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com