Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Perlu Evakuasi WNI

Kompas.com - 19/02/2011, 19:06 WIB

KAIRO, KOMPAS.com — Duta Besar RI untuk Yaman Nurul Aulia mengatakan, warga negara Indonesia di Yaman masih aman meskipun terjadi unjuk rasa antipemerintah. "Sejauh ini WNI di Yaman masih dalam kondisi aman sehingga belum ada rencana untuk evakuasi," kata Aulia yang dihubungi dari Kairo, Mesir, Sabtu (19/2/2011).

Ia menjelaskan, jumlah warga negara Indonesia (WNI) di Yaman tercatat 3.000 orang. Sebagian besar WNI bermukim di ibu kota Sanaa dan sebagian lain bermukim di beberapa provinsi. Jumlah tersebut terdiri atas sekitar 1.700 mahasiswa, 60 anggota staf KBRI dan keluarga, serta sisanya tenaga kerja Indonesia (TKI) pria dan wanita.

Ia menyebutkan, jumlah tenaga kerja wanita (TKW) yang tercatat di KBRI sekitar 300 orang dan diperkirakan masih ada sekitar 300 TKW lain yang belum mendaftarkan diri sehingga sulit terlacak. Adapun sebagian besar mahasiswa berada di Provinsi Hadramaut.   

Yaman belakangan ini diguncang unjuk rasa hebat antipemerintah yang menuntut Presiden Ali Abdullah Saleh, yang telah berkuasa selama 33 tahun, untuk mundur. Unjuk rasa pada Jumat (18/2/2011) di Sanaa dan sejumlah provinsi itu menewaskan sedikitnya enam orang dan puluhan orang cedera akibat bentrok dengan aparat keamanan.     

Kantor berita Yaman, Saba, melaporkan, demonstran antipemerintah juga bentrok dengan pengunjuk rasa pendukung pemerintah di beberapa daerah. Sedikitnya lima orang tewas akibat tembakan di kota pelabuhan Aden, Yaman selatan, dan seorang lagi tewas akibat ledakan granat di kota Taiz pada Jumat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com