Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geng Penyelundup Imigran Vietnam Dibekuk

Kompas.com - 09/02/2011, 10:57 WIB

DEN HAAG, KOMPAS.com - Polisi Eropa, Selasa, mengatakan mereka telah menghancurkan sebuah geng penyelundupan imigran Vietnam internasional. Polisi menangkap 35 orang dalam penggerebekan-penggerebekan terkoordinasikan di Jerman, Perancis, Republik Ceko, Hungaria dan Inggris.

Ratusan petugas polisi ambil bagian dalam operasi fajar itu dengan menyita peralatan komputer dan telepon genggam. "Polisi dari lima negara telah mengambil tindakan terhadap jaringan kriminal canggih yang terlibat dalam perdagangan imigran gelap, sebagian besar asal Vietnam," kata badan penegakan hukum Uni Eropa Europol dan Eurojust dalam pernyataan bersama.

Badan itu menjelaskan, 19 orang telah ditangkap di Perancis, 8 di Jerman, dan sisanya di tiga negara lainnya. Satu penyelidikan di seluruh Eropa telah berlangsung sejak September terhadap 22 tersangka yang dituduh memperdagangkan 72 warga Vietnam dari Jerman ke Inggris melalui Belgia dan Perancis.

Orang membayar sebanyak 3.000 euro (4.000 dolar) untuk diangkut, sering melalui Moskwa, ke Jerman. Mereka kemudian dibawa ke Inggris dengan harapan akan diterima oleh masyarakat Vietnam yang besar di negara itu, kata pernyataan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com