Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badai, Ribuan Penerbangan di AS Batal

Kompas.com - 02/02/2011, 11:29 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com - Badai salju, es dan hujan melanda wilayah AS bagian tengah, Selasa (1/2/2011), yang menyebabkan ribuan penerbangan batal serta menebar suhu dingin yang menimpa sampai 100 juta orang.

Wilayah yang terlanda badai itu membentang lebih dari 3.000 kilometer, mulai dari Texas hingga wilayah timurlaut negara bagian Maine, dan para peramal cuaca memperingatkan, hal itu bisa berlangsung hingga beberapa hari ke depan. Peringatan badai salju, badai musim dingin dan hujan es dikeluarkan untuk lebih dari setengah dari 50 negara bagian AS, serta sejumlah tornado dan badai besar juga diprakirakan terjadi di sepanjang ujung selatan Louisiana dan Mississippi.

Para pejabat telah memperingatkan masyarakat untuk tetap tinggal di rumah. "Perjalanan akan berbahaya dan mengancam jiwa karena jarak pandang secara dramatis berkurang dan angin dingin yang menggigil," demikian peringatan Badan Cuaca Nasional di Iowa. "Jika Anda terjebak, habiskan sepanjang malam di dalam kendaraan Anda karena regu penyelamat mungkin tidak akan dapat mencapai Anda."

Angin kencang dan hujan dingin yang membeku akan menjadikan jalanan laksana hamparan es mematikan dan akan merubuhkan pohon-pohon dan tiang listrik. Para peramal cuaca memperingatkan bahaya suhu dingin, tumpukan salju setinggi enam hingga 1,8 sampai 2,4 meter.

Angin dingin itu diperkirakan akan melanda Colorado, Wyoming, Utah Dakota, Kansas, Iowa, Nebraska, Minnesota dan bahkan sebagian Texas. Keadaan darurat telah dinyatakan di Illinois, Indiana, Missouri dan Oklahoma dan Garda Nasional telah dipanggil untuk membantu menyelamatkan para pengendara yang terjebak. Tempat penampungan darurat berpemanas juga diatur untuk orang yang rumahnya tidak lagi teraliri listrik. Ribuan sekolah dan kantor pemerintah ditutup dan banyak tempat bisnis ditutup lebih awal. Salju sudah bertumpuk sampai sebanyak enam sampai 19 inci (15 sampai 48 cm) di sebagian Oklahoma, Texas, Wisconsin, Minnesota, Missouri dan Kansas pada pukul 16.00 (atau Rabu pukul 04.00 WIB), lapor Badan Cuaca Nasional.

FlightAware melaporkan, perusahaan penerbangan telah membatalkan hampir 6.500 penerbangan pada hari Selasa, sekitar 20 persen dari seluruh penerbangan komersial AS, dan akan membatalkan 3.600 lainnya pada hari Rabu ini. Badara Internasional Dallas-Fort Worth, ditutup sesaat Selasa pagi karena badai es dan penundaan rata-rata sekitar tiga jam setelah bandara itu dibuka kembali.

Sebagian besar perusahaan penerbangan di Bandara O'Hare, Chicago, salah satu yang tersibuk di dunia, berhenti beroperasi setelah badai salju terjadi pada Selasa sore dan mengatakan, mereka akan membatasi atau tidak beroperasi pada Rabu ini. Chicago diperkirakan akan menjadi salah daerah yang paling terpukul dengan ketebalan salja diprakirakan mencapai 60 cm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com