Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Habibie: Jangan Mempersulit Mesir

Kompas.com - 31/01/2011, 11:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Presiden BJ Habibie enggan berkomentar ketika ditanya apakah pemerintah perlu melakukan evakuasi terhadap warga negara Indonesia (WNI) di Mesir menyusul panasnya kondisi politik di negeri itu.

Habibie hanya mengatakan agar semua pihak menahan diri. "Kita jangan ikut mempersulit keadaan di Mesir. Bagaimanapun juga itu negara yang dekat dengan Indonesia," katanya sebelum mengikuti rapat dengar pendapat dengan Komisi I DPR RI, Senin (31/1/2011).

Mesir memiliki peranan penting dalam sejarah Indonesia. Mesir adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Lebih dari sekadar pengakuan, sikap Mesir kala itu juga menegaskan bahwa setiap bangsa di dunia memiliki hak untuk berdiri sejajar dengan bangsa-bangsa lain.

Saat ini, terkait situasi politik yang memanas, sejumlah negara sudah mulai mengupayakan evakuasi warga negaranya dari Mesir. Amerika Serikat akan mulai mengevakuasi warga negaranya sejak hari ini sampai beberapa hari ke depan dengan menyewa sejumlah pesawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com