Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Budaya Indonesia nan Memukau

Kompas.com - 15/01/2011, 08:53 WIB

UTRECHT, KOMPAS.com- Pergelaran kesenian pada acara bertajuk Indonesia Cultural Night atau Malam Budaya Indonesia di arena Vakantiebeurs 2011, Utrecht, Belanda, memukau pengunjung yang memadati teater di lokasi bursa pariwisata terbesar di Belanda, Jumat (14/1/2011) malam waktu setempat, atau Sabtu dini hari. Demonstrasi memainkan angklung adalah salah satu yang menarik pengunjung.

Acara digelar pukul 19.00-21.00 waktu setempat atau 01.00-03.00 WIB itu diawali dengan penampilan permainan sasando oleh pemain sasando dari Jakarta, Jack Bullan.

Sambutan disampaikan oleh Kepala Subdirektorat Promosi Wilayah Eropa Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Jordi Paliama. Tampak hadir Duta Besar Indonesia untuk Serbia Samuel Samson dan perwakilan dari Kedutaan Besar Indonesia untuk Belanda.

Berikutnya diisi dengan sajian tari dan nyanyian oleh tim kesenian dari Gondo Art Bandung, Jawa Barat, pimpinan Gondo Gandamanah. Tarian yang disajikan antara lain Break Pong, Ulos Persembahan, dan Janger.

Setelah itu pembawa acara Ika Widyaningsih memperkenalkan angklung kepada ratusan peserta yang memadati teater itu. Peserta juga mendapat angklung dengan tujuh nada.

Wartawan Kompas Subur Tjahjono melaporkan, Ika juga mengajarkan peserta bagaimana cara memainkan angklung tersebut. Dengan aba-aba, Ika mengajak peserta memainkan lagu dengan angklung yaitu lagu Bunga Anggrek dan Falling in Love. Tepuk tangan bergemuruh ketika Ika mengumumkan, "Anda dapat membawa pulang angklung itu sebagai suvenir...".

Pengunjung juga mendapat tambahan suvenir tas kecil dan kotak kecil berbungkus batik. Pada akhir acara, dengan lagu Poco-poco, pengunjung diajak menari bersama-sama. Hingga acara ditutup, sebagian peserta masih berfoto bersama dengan para penari dan Juara Dunia Putri Pariwisata Indonesia Audrie Adriana Sanova.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com