Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Separuh Penerbangan di Paris Dibatalkan

Kompas.com - 24/12/2010, 07:38 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Otoritas Penerbangan Perancis batalkan separuh penerbangan ke dalam dan ke luar Bandara Roissy Charles-de-Gaulle, Paris, sampai pukul 13.00 waktu setempat, Jumat (24/12/2010). Ini dilakukan karena musim dingin yang membeku.

Petugas prakiraan cuaca memperkirakan kondisi di bawah nol derajat celsius pada Jumat pagi. Sementara itu, bandara mengalami kesulitan untuk mendapatkan cukup glycol, cairan yang digunakan untuk mencairkan es yang membalut pesawat. Demikian disampaikan para pejabat dalam sebuah pernyataan pada Kamis malam.

Sebelumnya, otoritas bandara tersebut mengatakan bahwa empat landasan pacu Bandara Utama Roissy-Charles-de-Gaulle di Paris ditutup untuk sementara hingga pukul 10.00 waktu setempat (16.00 WIB) pada hari Minggu akibat salju.

Sebelum penutupan dilakukan pada pukul 09.00 waktu setempat (15.00 WIB), semua jadwal keberangkatan dan kedatangan pesawat rata-rata mengalami keterlambatan 30 menit hingga satu jam.

Otoritas Penerbangan Perancis pada Sabtu lalu meminta sejumlah maskapai untuk membatalkan setidaknya seperempat dari semua penerbangan terjadwal menuju Roissy antara pukul 14.00 WIB dan 22.00 WIB. Sebanyak 60 persen penerbangan juga mengalami penundaan pada hari yang sama.

Ratusan penumpang yang pesawatnya mengalami pengalihan rute ke Roissy karena penutupan Bandara Heathrow di London pada hari Sabtu terpaksa menginap semalaman di ruang tunggu keberangkatan bandara tersebut.

Bandara Heathrow, London, yang merupakan bandara dengan aktivitas penumpang paling sibuk di dunia menutup landasan terbang sampai paling tidak pada hari Minggu untuk membersihkan salju. Sementara itu, pihak Bandara Gatwick, London, juga menutup landasan pacunya selama beberapa jam.

Maskapai penerbangan British Airways membatalkan semua keberangkatan jarak dekat dari dua bandara tersebut. Semua penerbangan jarak jauh dari Heathrow dibatalkan pada hari itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com