Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korsel Stop Bantuan Pangan ke Korut

Kompas.com - 24/11/2010, 14:20 WIB

SEOUL, KOMPAS.com — Korea Selatan, Rabu (24/11/2010), menghentikan pengiriman bantuan pangan ke Korea Utara setelah serangan mendadak yang mematikan Korut terhadap sebuah pulau di perbatasan kedua negara, Selasa, kata kementerian unifikasi Seoul.

Korea Selatan, September, menjanjikan paket bantuan senilai 10 miliar won (8,3 juta dollar AS) termasuk beras, mi instan, semen, dan pasokan barang darurat lainnya setelah negara tetangganya itu dihantam banjir besar pada Agustus lalu. Bantuan itu dikirimkan atas nama Palang Merah dan organisasi-organisasi swasta lain, tetapi sebagian didanai oleh pemerintah.

Juru bicara kementerian, Chun Hae-Sung, mengatakan, 5.000 ton beras, tiga juta pak mi instan, dan 3.000 ton semen telah dikirimkan. Namun, 7.000 ton semen terhambat bersama dengan pasokan medis senilai 580 juta won.

Pengiriman beras itu merupakan bantuan beras pertama yang didanai pemerintah kepada Korut sejak pemerintah konservatif Korsel mengambil alih pemerintahan  awal 2008. Serangan pada Selasa itu, yang menewaskan dua marinir dan melukai 15 orang lainnya bersama dengan tiga warga sipil, memicu kemarahan Korsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com