Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hubungan AS-Kuba Dalam Fase Positif

Kompas.com - 09/09/2010, 14:17 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Gubernur New Mexico Bill Richardson, yang telah berkunjung ke Kuba bulan lalu mengatakan, hubungan AS-Kuba berada pada fase positif setelah adanya itikad baik kedua pihak.

"Hubungan AS-Kuba mengarah pada fase positif. Saya melihat adanya perubahan," kata Richardson pada Rabu (8/9/2010) dihadapan cendikiawan Washington setelah melakukan kunjungan misi perdagangan ke Havana, yang ia gunakan kesempatan itu untuk mendiskusikan kasus kontraktor AS, Alan Gross, yang ditahan oleh Kuba sejak Desember lalu.

Sekembalinya dari Kuba, Richardson mengatakan, telah terjadi perkembangan dalam kasus Gross dan ia merasakan atmosfir yang lebih baik antara Kuba dan Amerika Serikat.

Pada Juli, Kuba setuju untuk melepas 52 dari 75 pembangkang yang ditahan pada Maret 2003 dan dihukum penjara.

"Ada beberapa langkah yang sudah baik. Masih ada yang perlu diperbaiki," kata Richardson, mendesak AS untuk mengakui kemajuan yang dilakukan Kuba selama ini.

Richardson, mantan anggota DPR yang bertindak sebagai Dubes PBB dan menteri energi saat pemerintah Bill Clinton mengatakan, Presiden Obama mempertimbangkan untuk mencabut beberapa larangan perjalanan ke Kuba untuk warga AS.

"Banyak akademisi, banyak figur olah raga, pemimpin agama, bepergian ke Kuba yang merupakan penting untuk membuka hubungan dengan Kuba," tambahnya.

Asisten Menlu untuk Urusan Belahan Bumi Barat, Arturo Valenzuela, mengatakan ia juga menyambut arah yang diambil Kuba, tetapi mengingatkan: "langkah tersebut masih belum cukup... untuk menormalkan hubungan."

"Kami senantiasa menanti, berharap akan ada pelepasan tahanan seiring dengan berjalannya waktu," tambahnya.

"Kebijakan kabinet Obama ialah kami perlu meningkatkan hubungan dengan Kuba, bukan mengurangi," kata Valenzuela.

AS dan Kuba tidak memiliki hubungan diplomatik secara resmi sejak 1961, meski Washington diwakilkan oleh seksi kepentingan AS di Havana.

Sejak Obama menjabat pada Januari 2009, Obama telah melunakkan larangan perjalanan dan pengiriman uang ke Kuba yang diberlakukan oleh pendahulunya, George W. Bush, dan meneruskan diskusi migrasi dan layanan pengiriman pos langsung dengan negara pulau tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com