Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Goldman Dituduh Hancurkan China

Kompas.com - 26/08/2010, 10:29 WIB

SHANGHAI, KOMPAS.com — Goldman Sachs & Co, raksasa perbankan dari AS, disebut-sebut sedang berusaha menghancurkan China yang saat ini menduduki posisi sebagai kekuatan ekonomi nomor dua di dunia.

Hal tersebut terungkap dalam buku yang laris berjudul Goldman Sachs Conspiracy. Pada awal peredarannya, buku itu telah terjual sebanyak 100.000 eksemplar sejak diluncurkan Juni lalu. Di situs Sina.com, buku itu menduduki peringkat 10 besar buku laris, mengikuti buku sebelumnya, Eliminate All Competitors—How Goldman Sachs Wins Over the Word karya penulis yang sama, Li Delin, seorang wartawan bidang keuangan.

Buku berisi 300 halaman itu dengan dramatis mengungkapkan beberapa hal yang mirip dengan hal yang pernah diungkapkan Matt Taibbi di majalah Rolling Stone. Isinya, antara lain, menggambarkan bagaimana institusi Wall Street tersebut merupakan ”drakula yang terbungkus wajah kemanusiaan, padahal tanpa lelah terus mengisap darah dari segala sesuatu yang berbau uang”.

Novel Di dalam bukunya, Li menyebutkan bahwa tujuan utama Goldman Sachs adalah ”membunuh China”. ”Seperti serigala yang mengunyah tulang, Goldman Sachs paham benar aturan permainan dan langsung menerkam leher”.

Pada bagian lain tertulis, ”Kelompok tersebut memiliki karakter seperti macan Manchuria dan seperti pemburu tua yang mengendap-endap mencari mangsa ketika mencium bau darahnya”.

Sementara itu, kantor Goldman Sachs di Beijing menolak berkomentar mengenai isi buku tersebut.

”Buku ini lebih seperti novel daripada sebuah kisah nyata,” ujar Peng Yunliang, seorang analis dari sebuah sekuritas di Shanghai. (AP/Joe)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com