Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di China, Carrefour 'Bentrok' Lawan Jiale

Kompas.com - 24/08/2010, 19:55 WIB

KOMPAS.com — Di tengah upaya divestasi jaringan perusahaan di luar Perancis, peritel raksasa Carrefour malahan berseteru dengan jaringan hypermarket lokal, Anhui Jiale. Menurut warta Xinhua pada Selasa (24/8/2010), pertarungan itu melibatkan juga anak perusahaan Anhui Jiale, yakni Fuyang.

Carrefour mengirimkan gugatan ke pengadilan setempat, Pengadilan Hefei, lantaran Jiale dianggap melakukan tindakan tidak fair dalam persaingan. Gugatan itu diterima dan dengar pendapat yang dimulai sejak Rabu (18/8/2010) itu tengah berlangsung.

Secara lebih spesifik, Carrefour menuduh Jiale menggunakan logo Jialefu yang merupakan versi Bahasa China untuk Carrefour. "Logo itu dibawa Jiale bahkan untuk aktivitas bisnisnya," begitu tudingan Carrefour.

Segala "aktivitas" yang menjadi tudingan Carrefour menyangkut warna biru khas Carrefour, lambang nama toko, daftar harga, nota pembelian, hingga logo di tas belanja Jiale. Dalam kasus perdata ini, Carrefour menuntut Jiale mengganti logo sekaligus membayar kompensasi 882.164 dollar AS atau setara dengan 6 juta yuan.

Sebagai informasi, Jiale didirikan pada 2002 dan terdaftar dengan nama Anhui Fuyang Jialefu Business and Commerce Co Ltd. Pada Agustus 2009, perusahaan ini mengganti nama Jialefu menjadi Jiale.

Saat ini Jiale memiliki lebih dari 160 supermarket bernama sama di Kota Fuyang. Menurut pihak Jiale, pihaknya sama sekali tidak melakukan perbuatan tidak fair terhadap Carrefour. Soalnya, pergantian nama menjadi Jiale sudah disahkan sesuai peraturan yang berlaku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com