Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kirim Barang ke Gaza Lewat Saluran Resmi

Kompas.com - 14/07/2010, 15:55 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — AS pada hari Selasa (13/7/2010) meminta agar semua pihak yang hendak mengirim barang ke Gaza melakukannya dengan penuh tanggung jawab dan melalui saluran resmi.

Seruan ini disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS, Philip Crowley, di tengah pengawasan ketat kapal perang Israel yang memantau kapal bantuan barang milik Libya.

"Kami mengimbau Pemerintah Libya menghindari konfrontasi yang tidak perlu agar tidak memicu ketegangan," katanya.

Hari Selasa, beberapa kapal perang Israel mengawasi kapal bantuan barang Libya untuk Gaza.

"Kami mengimbau agar mereka yang ingin menyampaikan barang (ke Gaza) melakukannya lewat saluran-saluran resmi dan kargo itu terlebih dahulu dicek Pemerintah Israel dan kemudian dikirim ke Gaza lewat jalur darat," kata Crowley.

Kapal bantuan barang untuk Gaza telah bertolak dari Yunani ke Pelabuhan El-Arish, Mesir, akhir pekan lalu.

Organisasi Amal Internasional Kadhafi yang berbasis di Tripoli dan Asosiasi Pembangunan (DA) menyebutkan, kapal berbendera Moldova itu mengangkut bahan makanan dan obat-obatan.

Kapal tersebut, kata kedua organisasi ini, diisi 2.000 ton bantuan kemanusiaan berupa bahan makanan dan obat-obatan untuk rakyat Palestina di Jalur Gaza.

Upaya pengiriman bantuan kemanusiaan bagi rakyat Palestina yang dikuasai Hamas sejak Juni 2006 ini didukung organisasi amal yang dipimpin oleh putra kedua Kadhafi, Seif al-Islam Kadhafi.

Kapal sepanjang 92 meter itu diawaki 12 orang dengan penumpang sembilan orang. Penumpang itu terdiri dari enam warga Libya serta masing-masing seorang warga Maroko, Nigeria, dan Aljazair.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com