Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

200 Tewas, 2,38 Juta Orang Mengungsi

Kompas.com - 23/06/2010, 13:32 WIB

FUZHOU, KOMPAS.com - Sebuah bendungan yang dilanda banjir jebol, Rabu (23/6/2010) sementara banjir bandang dipastikan menewaskan 200 orang lebih dan sekitar 100.000 warga kehilangan tempat tinggal.

Air Sungai Fu di provinsi Jiangxi menghantam Bendungan Changkai Senin malam setelah beberapa hari hujan lebat, mengancam daerah-daerah sekitar kota kecil Fuzhou.

"Air sungai itu kembali menghantam bendungan itu, Rabu pagi. Penduduk yang rumahnya terancam banjir sudah diungsikan Selasa malam," kata kantor berita Xinhua.

Pasukan berpakaian rompi oranye menggunakan sampan-sampan untuk mencari penduduk yang terkepung dan membawa mereka ke tempat yang aman.

"Rumah kami tidak terkena banjir tetapi pada pukul 02:00 waktu setempat air mulai meluap dengan sangat cepat, jadi kami buru-buru mengumpulkan barang-barang kami dan pergi," kata seoarng penduduk, yang mengaku bernama Wu.

Hujan lebat melanda banyak daerah China selatan dalam pekan lalu menewaskan paling tidak 199 orang dan menyebabkan 123 orang hilang, sementara air sungai meluap dan tanah longsor menghambat hubungan jalan raya dan kereta api, kata Kementerian Urusan Sipil.

Lebih dari 2,38 juta orang telah diungsikan walaupun banyak mengungsi ke lokasi yang terdekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com