Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja Heroin Dunia Tertangkap

Kompas.com - 26/03/2010, 19:25 WIB

MEKSIKO, KOMPAS.com — Polisi Meksiko berhasil menahan Jose Antonio Medina Reguin, yang juga dikenal sebagai Don Pepe, dengan tuduhan melakukan penyelundupan sejumlah besar heroin ke AS. Demikian dilaporan televisi setempat.

Medina, yang juga bernama panggilan Raja Heroin, dilaporkan telah dikirim ke Meksiko City timur dengan dikawal perwira berpakaian biasa, tetapi bersenjata berat.

"Medina dituduh menyelundupkan 200 kilogram heroin setiap bulan dengan pendapatan sekitar 12 juta dollar AS," kata perwira polisi federal, Ramon Pequeno Garcia, Kepala Seksi Ketiga Kepolisian Federal.

"Penangkapannya adalah hasil dari penyelidikan yang dilakukan oleh kepolisian federal," kata Pequeno.

Pequeno mengatakan kepada media, Medina (33) adalah pelaku penyelundupan tanpa bantuan kartel besar. Dia dituduh mengirimkan obat-obatan terlarang itu ke AS di dalam bagian-bagian tersembunyi di kendaraan yang dia gunakan untuk melintasi perbatasan.

Dia dituduh berkomplot dengan beberapa logistik La Familia, sebuah kartel yang bermarkas di provinsi Meksiko barat, Michoacan.

Meksiko mulai memproses prosedur untuk mengekstradisi Medina ke AS. Dia diduga akan menjadi penyelundup heroin tunggal terbesar yang pernah ditangkap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com