Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Topan Rene Hajar Tonga

Kompas.com - 15/02/2010, 12:01 WIB

WELLINGTON, KOMPAS.com - Topan tropika Rene, yang telah meningkat menjadi badai katagori 4, Senin (15/2/2010) pagi melanda kepulauan Vava’u dan Ha’apai di utara Tonga.

Badai tersebut membawa angin berkekuatan 170 kilometer per jam di pusarannya. Radio Selandia Baru Internasional dalam laporannya menyatakan, inspektur kepala Toia, yang berada di ibu kota Nuku’alofa, mengatakan, dia telah berbicara dengan para mitranya mengenai ke dua kepulauan itu, yang menjelaskan bahwa badai merusak tanaman dan panen padi-padian.

Jawatan Meteorologi Fiji menyatakan, banjir diperkirakan terjadi di daerah-daerah pantai dan masyarakat mengatakan air telah bergerak semakin tinggi dari permukaan tanah. Badai tropika kini sedang bergerak ke barat daya dengan kecepatan 12 knot ke arah Tonga tengah dan selatan.

Kantor Pengelola Bencana Nasional negara pulau Pasifik selatan itu mengatakan, pihaknya mempertimbangkan rencana evakuasi penduduk mengingat semakin gawatnya badai. Angin kencang telah melanda pulau utama Tongatapu, tetapi bagian terbesar topan belum diperkirakan datang sampai menjelang waktu makan siang.

Samoa dan Samoa Amerika ikut merasakan badai tropika Rene, yang melewati wilaya itu Sabtu malam. Pulau Samoa tenggara, Upolu, juga merasakan badai Rene tetapi kerusakan terbatas pada beberapa pohon yang tumbang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com