Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Antirudal Israel Sukses Tangkal Roket

Kompas.com - 07/01/2010, 05:53 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com — Israel telah merampungkan uji coba sistem anti-rudal Iron Dome yang dirancang untuk memberikan tanggapan pada ribuan roket yang ditembakkan Hamas dan Hizbullah ke Israel. Sistem yang dapat mencegat tembakan roket jarak pendek dan artileri ini telah menjalani uji coba terakhir dalam 48 jam.

"Untuk pertama kalinya, Iron Dome telah menghadapi banyak ancaman secara serempak. Semua ancaman itu telah dicegat," ungkap Kementerian Pertahanan Israel.

Dalam pengembangan sistem, tahap berikutnya adalah untuk mencegat serangan ke militer. Israel mengharapkan sistem dapat membuat mereka menghadapi tembakan roket dari Jalur Gaza yang diperintah Hamas dari Lebanon.
    
Gerilyawan Palestina telah menembakkan ribuan roket buatan sendiri ke Israel selatan, yang kemudian mendorong Israel untuk melakukan serangan menghancurkan terhadap gerakan Islam Hamas di Gaza pada 27 Desember 2008.

Kelompok garis keras Lebanon Hizbullah juga telah menembakkan sekitar 4.000 roket ke Israel utara dalam perang dengan Israel pada 2006. Israel saat ini percaya, Hizbullah memiliki arsenal dengan 40.000 roket.

"Jika Iron Dome beroperasi, maka hal itu akan mengubah situasi politik dan keamanan Israel di front utara dan selatan," kata Pinhas Buchrs, Direktur Jenderal Kementerian Pertahanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com