Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Hebat Melalap Hutan Australia

Kompas.com - 30/12/2009, 11:08 WIB

PERTH, KOMPAS.com — Kebakaran mengamuk tidak terkendali di bagian barat Australia, Rabu (30/12/2009). Sedikitnya tiga orang terluka, lebih dari 20 rumah hangus, dan belasan hektar hutan ludes. Kebakaran sering terjadi di penjuru Australia selama bulan-bulan pada musim panas, tetapi jarang menghanguskan banyak rumah.

Penduduk kota kecil Toodyay, 80 kilometer di timur laut kota pantai Perth, telah dievakuasi, Selasa. Pihak Otoritas Layanan Darurat dan Kebakaran Negara Bagian Australia Barat mengatakan, Rabu ini, di sana si jago merah telah melumat 2,7 hektar lahan hutan dan pertanian, dan api masih terus berkobar.

Sebuah kebakaran besar lain yang juga masih belum terkendali telah melalap lahan seluas 10.500 hektar di dekat dusun Badgingarra, 160 km di utara Pert. Dua orang petugas pemadam kebakaran dirawat karena menghirup asap, Selasa, dan seorang lagi dirawat karena menderita luka bakar.

Juru bicara Otoritas Darurat, Allen Gale, mengatakan, kerusakan lebih lanjut di sekitar Toodyay sedang dihitung. "Kami dapat memastikan bahwa lebih dari 20 rumah telah musnah," kata Gale.

Kebakaran pada musim panas sedang memuncak di banyak wilayah di Australia meski di bagian timur Negara Bagian New South Wales baru saja terjadi hujan lebat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com